Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengecek dinamo Ampere Mobil Bermasalah

Mobil adalah kendaraan yang sangat penting untuk mendukung mobilitas seperti bekerja atau usaha. Karena penting inilah maka mobil harus selalu diperhatikan tidak terkecuali dengan Altenator atau dinamo ampere.

Sebenarnya masih banyak sekali orang yang yang abai untuk memperhatikan dinamo ini karena dianggap sepele. Padahal dinamo merupakan bagian yang penting dari sebuah mobil sehingga jika dinamo bermasalah tentu akan menghambat mobilitas anda.

Altenator atau dinamo berfungsi untuk menyuplai arus listrik ke bagian aki, yang menjadi komponen penyimpan listrik utama pada mobil.
Cara mengecek dinamo Ampere bermasalah
Untuk itu perlu di cek secara berkala dinamo Ampere mobil anda, karena jika dinamo bermasalah maka aki akan rusak dan akibatnya mobil susah untuk dinyalakan.

Waktu pakai altenator sendiri yaitu selama 5 tahun, jika lebih dari itu maka akan ada tanda-tanda yang menunjukan bahwa dinamo sedang bermasalah.

Berikut adalah tanda-tanda atau kode bajwa dinamo mobil anda sedang mengalami masalah.

Pertama adalah suara mesin mobil menjadi lebih kasar atau tidak seperti biasanya. Perubahan suara tersebut bisa disebabkan oleh diode rectifer altenator yang sudah putus atau rusak.

Kedua adalah tercium bau terbakar, hal ini karena kabel alternator terbakar akibat gesekan karena belt yang tidak terpasang dengan baik.

Ketiga Lampu tidak seterang biasanya. Anda sudah pasti dalat membedakan ini ketika anda berkendara di malam hari.

Jika anda sudah merasakan perbedaan pada cahaya mobil maka segera bawa ke bengkel untuk mengecek apakah dinamo bermasalah atau tidak.

Keempat, aki tida berfungsi secara normal. Ketika suplai energi listrik sudah kurang maksimal pasti yang ada dipikiran setiap orang ada masalah pada aki sehingga langsung melalukan isi ulang air aki.

Namun jika hal tersebut sudah dilakukan namin todak ada perubahan bisa jadi masalah yang terjadi terletak pada dinamo ampere.

Kelima, lampu indikator di dasbor menyala, Selain karena kondisi baterai yang melemah, bisa jadi ada masalah pada dinamo ampere. Bila lampu tersebut menyala, namun tidak ada masalah pada aki, segera lakukan pengecekan pada komponen alternator mobil anda.