Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips agar Tidak Ngantuk saat Berkendara Motor

Tips agar tidak mengantuk saat berkendara motor atau mobil sebetulnya mudah namun banyak orang salah cara seperti minum alkohol atau minuman botol tertentu yang membahayakan.

Mengantuk saat berkendara motor memang terkadang sepele padahal itu sangat berbahaya dan mengancam keselamatan. Lihat saja sebagian besar insiden kecelakaan lalu lintas berkendara disebabkan oleh pengendara motor / mobil yang mengantuk.

Terkadang anda memang sudah merasakan bahwa anda mengantuk atau setengah sadar tetapi Anda tetap memaksakan untuk mengendarai kendaraan baik motor maupun mobil.
Tips agar Tidak Ngantuk saat Berkendara Motor
Tips Agar Tidak Ngantuk Berkendara Motor / Mobil
 
Jika Anda sering mengalami ngantuk saat berkendara cobalah pakai tips dibawah ini. Jika Anda punya kebiasaan buruk sebaiknya dihentikan. Berikut beberapa tips untuk anda agar tidak mengantuk saat berkendara motor maupun mobil ketika melalukan perjalanan.

1. Tidak Meminum Obat

Ketika anda akan melakukan perjalanan dan anda yang membawa kendaraan, jangan sampai anda mengkonsumsi obat apapun seperti obat anti mabuk, sakit kepala atau sakit gigi karena efek samping dari obat adalah mengantuk sehingga sangat berbahaya untuk anda.

2. Jangan Minum Alkohol

Sejenak efek alkohol terlihat seperti membantu Anda untuk tidur. Tapi faktanya tidak demikian. Alkohol justru mengacaukan siklus tidur dan membuat Anda tidak tidur dengan nyenyak. Anda juga akan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Untuk itu jangan pernah meminum alkohol apalagi akan melakukan perjalanan.

3. Sebaiknya Minum Kopi

Ada yang menganggap bahwa meminum kopi cukup efektif untuk melawan kantuk. Namun tidak semua merasakan hal yang sama karena minum kopi atau tidak rasanya tetap sama yaitu tetap ngantuk.

Yang membuat kopi dapat menahan kantuk adalah karena kandungan kafeinnya yang cukup tinggi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi saja mungkin tidak cukup bagi orang yang sehari-harinya sudah sering mengonsumsi kopi.

4. Jangan Pergi Sendiri

Upayakan jika anda bepergian jarak jauh dan anda merasakan gejala ngantuk, lebih baik anda mengajak teman untuk menemani anda selama perjalanan.

Selain teman ngobrol untuk menghilangkan kantuk, teman perjalanan juga dapat menggantikan anda membawa kendaraan sehingga anda dapat istirahat sejenak.

5. Menepi dan Melakukan Peregangan Bagi Pengendara Motor

Bagi pengendara motor, biasanya akan merasa ngantuk ketika berada di jalan yang senggang, belum lagi ada angin yang sepoi-sepoi sehingga sangat nyaman untuk tidur.

Namun bagi anda yang sedang berkendara lebih baik anda menepi dan melakukan peregangan dengan berlari kecil selama 10 menit, sehingga anda bisa mendapatkan kembali konsentrasi.

6. Menepi dan Tidur Sejenak Bagi Pengendara Mobil

Jika anda memang terpaksa melakukan perjalanan sendiri dan dalam kondisi mengantuk, maka lebih baik anda menepi dan tidur sejenak di pinggir jalan.

Anda bisa beristirahat selama 30 menit agar anda mendapatkan lagi konsentrasi anda.

Selama beristirahat di pinggir jalan, jangan lupa untuk memastikan semua pintu mobil anda terkunci dan jendela tertutup karena kita tidak pernah tau kejahatan yang ada di jalan.

Perhatikan hal sepele ini bisa jadi petaka, Tanda-tanda ketika anda mengalami ngantuk adalah biasanya hilang konsentrasi, sering menggosok mata, bengong, kelopak mata terasa berat, sering menguap dan kepala Terangguk-angguk. Faktor utama yang membuat anda mengantuk adalah karena kurang istirahat atau tidur.

Jadi untuk anda yang akan melakukan perjalanan berkendara motor atau mobil, lebih baik anda istirahat yang cukup atau jangan begadang. Jika anda mengantuk dan memaksakan diri untuk mengemudi akan dikhawatirkan terjadi hal yang fatal.