Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan sepele ! Ini Tips Membersihkan Mobil yang Benar

Memiliki mobil memang menjadi idaman setiap orang, terutama mobil baru, dengan mesin yang masih Gress dan kondisi mobil yang masih prima mengendari mobil baru menjadi impian banyak orang.

Akan tetapi tidak hanya sampai disitu ya ketika telah memiliki mobil maka kita perlu melakukan perawatan terhadap mobil tersebut.

Sudah menjadi resiko dari pemilik kendaraan untuk menjaga agar kendaraan yang dimilikinya tetap menarik dan membuat nyaman ketika dikendarai.
 
Membersihkan mobil yang benar

Berikut adalah tips untuk membersihkan mobil

1. Sebelum mobil dicuci pastikan mobil benar benar bersih sehingga tidak menyisakan guratan debu pada body mobil akibat membersihkan yang tidak benar.

2. Gunakan alat khusus dalam membersihkan mobil

Alat khusus dapat menjaga kualitas dari body mobil usahakan menggunakan sampo khusus mobil ketika mencucinya, serta menggunakan kanebo atau alat lain yang lembut.

3. Cuci bagian bawah mobil terlebih dahulu tanpa sampo mobil hanya menggunakan air, dan jangan sampai memercikkan air pada body mobil.

Ketika sudah selesai bagian bawah barulah bagian body mobil, cuci dahulu tanpa sampo mobil, ketika telah selesai baru cuci keseluruhan mobil menggunakan sampo khusus mobil.

4. Lap sampai kering

Setelah dirasa cukup maka lap mobil menggunakan handuk halus, lap mobil sampai kering ya.

Lantas bagaimana cara merawat mobil? Berikut tips cara merawat mobil:

1. Memilih bahan bakar yang tepat

Penggunaan bahan bakar yang tepat berpengaruh terhadap mesin dan kualitas dari kendaraan.

2. Rutin mengecek dan mengganti cairan

Ada beberapa jenis cairan yang terdapat di mobil yang harus selalu kita perhatikan dan kita cek yaitu:

Cairan oli transmisi, minyak rem, aki, dan air radiator

Mengecek oli bisa dilakukan sebulan sekali jadi jangan sampai kehabisan ya, kemudian perhatikan air radiator usahakan kita membawa sebagai cadangan khawatir mesin mati ketika sedang dalam perjalanan jauh.

3. Membersihkan body mobil

Ketika akan digunakan basahi body mobil dengan air secara menyeluruh, Dalam membersihkan body mobil perlu menggunakan sampo khusus mobil supaya tidak merusak cat mobil.

4. Membersihkan eksterior

Perhatikan eksterior mobil seperti ban mobil apakah masih ada angin didalamnya atau kekurangan angin jadi ketika akan berkendara perhatian ya, membersihkan eksterior menghindari dari cat yang mengelupas serta jamur yang berkembang di kaca mobil yang akan berpengaruh terhadap keindahan mobil.

5. Membersihkan dan merawat interior

Melakukan perawatan pada bagian interior mobil bukan hanya semata mata agar mobil terlihat bersih dan mengkilat layaknya mobil baru yang masih Gress ya tapi lebih dari Itu untuk kenyamanan terhadap pengemudi dan penumpang, perhatikan debu yang terdapat pada sudut sudut dalam mobil yang tidak terjangkau penyedot debu.

Selain itu jangan lupa cek bagian dalam yang lain seperti kabel yang terdapat di dalam mobil. Pastikan mobil tetap aman untuk dikendarai ya.

Demikian tips membersihkan dan merawat mobil dari kami.