Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fino

Siapa yang tak mengenal salah satu motor matic ini, Yamaha Fino merupakan salah satu motor yang diproduksi oleh Yamaha Motor. Yamaha Fino sendiri mulai diperkenalkan pada Januari 2012 dan saat itu masih menggunakan nama Mio Fino.

Namun sekarang, Yamaha Fino sudah menghilangkan nama Mio di depannya. Fino sendiri merupakan jenis motor matic retro dan saingan dari si Fino ini yaitu Scoopy yang diproduksi oleh Honda Motor. Tentu Fino sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan. Apa aja itu? Yuk langsung aja kita ulas.

Kelebihan Yamaha Fino
Desain Motor

Fino memiliki desain yang classic namun juga stylish. Jadi masih sangat cocok digunakan oleh kalangan muda. Desainnya pun hampir sama dengan saingan beratnya yaitu scoopy.

Dimana yang menjadi ciri khas dari motor ini yaitu dengan body motor nya yang sekilas mirip vespa. Dengan dilengkapi lampu depan yang bulat dan bagian body depan yang melengkung ke depan.

Mesin

Pada awal peluncurannya, motor fino ini dilengkapi dengan kapasitas mesin 115 cc. Namun, pada versi terbaru yaitu Yamaha Fino 125 Blue Core sudah memiliki mesin yang berkapasitas 125cc. Selain itu, sudah dilengkapi juga dengan pendingin udara.

Suspensi

Pada bagian suspensi, motor ini dilengkapi dengan kualitas yang sudah cukup baik. Dengan sistem lengan ayun dapat membuat motor ini nyaman untuk digunakan saat berboncengan. Untuk suspensi bagian depannya menggunakan sistem Teleskopik.

Harga

Tentu harga merupakan salah satu bahan perbandingan dalam memilih motor. Harga untuk Yamaha Fino sendiri dibanderol dengan kisaran harga 18 sampai 19 jutaan. Tentu harga ini lebih murah daripada scoopy yang dibanderol dengan harga mulai dari 19 jutaan.

Variasi

Untuk Yamaha Fino keluaran terbaru 125cc, terdapat beberapa pilihan tipe motor di antaranya Blue Core Premium, Blue Core Sporty dan Blue Core Grande. Dengan adanya tiga varian tersebut, konsumen akan lebih leluasa untuk memilih tipe sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Fitur

Motor Fino ini sudah dilengkapi dengan Advanced Key yang berguna untuk memudahkan membuka tutup kunci karena sudah bisa menggunakan remot. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar yang besar dan juga bagasi yang besar tentunya dapat memberikan kelebihan bagi motor ini.

Kekurangan Yamaha Fino

Belum dilengkapi dengan lampu LED

Tentunya ini merupakan salah satu kekurangan yang seharusnya bisa dikembangkan oleh Yamaha Motor. Bagian lampu masih menggunakan lampu biasa bukan LED. Dimana dengan penggunaan lampu LED dapat mengurangi pemakaian listrik pada motor.

Bagian Body

Bagian body motor yang cenderung kurang berisi atau ringan dibandingkan dengan saingannya membuat motor ini kurang nyaman ketika digunakan dalam kecepatan yang tinggi dan beban ataupun muatan motor nya ringan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari motor Fino, semoga dapat membantu para calon konsumen dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia ya.