Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Perawatan Mobil Bekas di Rumah

Anda memiliki mobil bekas yang membutuhkan perawatan ekstra? Namun, Anda terlalu sibuk bekerja hingga tidak sempat membawanya ke bengkel?

Apalagi dengan keadaan sekarang ini, di mana pemerintah tidak mengizinkan kita untuk keluar rumah akibat pandemi. Merawat mobil bekas dan mobi baru, tentulah sangat berbeda.

Jika Anda membeli mobil baru, keadaan mobil masih prima tanpa ada kerusakan atau noda sedikitpun. Namun, jika Anda membeli mobil bekas pasti terdapat satu atau dua kerusakan ataupun noda di sana sini.

Cara Perawatan Mobil Bekas di Rumah
Anda tidak perlu khawatir dengan mengetahui proses perawatan yang tepat maka Anda bisa mengaplikasikannya pada mobil dan juga mendapatkan manfaat yang lebih optimal dari penggunaannya. Mulai dari cara merawat interior mobil dan eksterior mobil, merawat mesin mobil hingga cara mengoptimalkan kinerja mesin mobil.

Nah, berikut adalah cara perawatan mobil bekas di rumah yang bisa Anda coba, tanpa harus keluar rumah.

Mencuci Mobil dengan Rutin.

Ini adalah hal mendasar yang harus Anda lakukan. Mempertahankan kebersihan mobil juga membantu performa mobil Anda agar tetap stabil.

Jika, Anda malas untuk rutin mencucui mobil, bisa saja penyakit lain timbul akibat kemalasan Anda tersebut. Seperti, warna cat yang luntur.

Membuat Jadwal Mengganti Oli

Oli merupakan salah satu pelumas penting, maka Anda juga harus memastikan kondisi oli pada mobil tetap memiliki kualitas yang baik.

Jika Anda tidak mengganti oli secara rutin sesuai dengan yang diharapkan maka ada gesekan antar komponen bisa membuat mesinnya menjadi lebih cepat rusak. Pastikan untuk selalu mengganti oli mobil Anda secara berkala sesuai dengan jarak tempuh yang sudah Anda lalui.

Selalu Cek Radiator

Fungsi radiator mobil adalah sebagai pendingin suhu mobil dimulai dari mengalirnya air (coolant) bersuhu netral ke saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas.

Jadi, jika Anda tidak memeriksanya secara berkala, ini bisa menyebabkan mesin cepat panas. Jika ini terus dibiarkan, tentu akan membuat mobil menjadi cepat rusak. Jadi, pastikan untuk selalu mengganti air radiator, ya.

Cek kabel mobil

Kabe-kabel mobil adalah bagian-bagian penting agar mobil Anda bisa berjalan dengan baik. Lakukan pengecekan rutin, apakah ada bagian kabel mobil yang kendur atau putus.

Jika Anda menemukan kerusakan, pastikan untuk menggantinya secepat mungkin. Pastikan juga untuk menggunakan spare part yang asli atau yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Panaskan mesin mobil

Hal ini menjadi salah satu yang sering diabaikan oleh para pengendara mobil. Biasakan untuk memanaskan mesin mobil sebelum Anda pergi. paling tidak panaskan sekitar 15 menit agar efeknya lebih optimal.

Pemeriksaan Ban

Ban merupakan salah satu komponen yang amat penting. Tak sedikit kasus kecelakaan terjadi akibat buruknya kondisi ban. Mengingat mobil yang Anda beli adalah mobil bekas, pengecekan ban mobil harus Anda lakukan secara rutin. Yaitu dengan memeriksa tekanan angin pada ban mobil Anda.

Cuci Mobil setelah terkena Air Hujan

Salah satu sebab cat mobil Anda cepat pudar adalah karena terkena air hujan di jalan. Kandungannya zat asam yang ada di dalamnya dapat membuat cat mobil memudar atau membuat jamur.

Anda bisa melakukan perawatan mobil seperti menyiram dengan air keran setelah mobil diguyur hujan lalu di lap hingga kering sehingga zat asam yang menempel hilang.

Nah, itulah cara merawat mobil bekas di rumah yang bisa Anda lakukan. Semoga mobil Anda bertahan lama, ya.