Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar

Pada perkembangannya kendaraan beroda empat kini mengalami perubahan yang sangat drastis dari masa ke masa, tak terhitung berapa jumlah bagian - bagian pada kendaraan beroda empat ini mengalami perubahan.

Dari awal terciptanya sampai kini dipakai sebagai kendaraan utama, mobil mengalami perubahan pada mesin yang paling terasa, dan beragam mesin mulai dikembangkan.

Dikembangkannya mesin pada mobil tentu saja berpengaruh pada performa yang dihasilkan, adapun jenis mesin pada kendaraan yang dipakai saat ini adalah jenis mobil manual, jenis mobil Automatic, bahkan sekarang dimulainya era mobil electric. Dan masing - masing dari jenisnya memiliki cara mengendarai yang berbeda - beda. Termasuk mobil matic.
Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar

Mobil matic atau automatic adalah solusi untuk anda yang ingin menjadikan mobil sebagai kendaraan sehari - hari dan menginginkan kenyamanan, karena terdapat perbedaan yang terasa dari cara mengendarai mobil matic.

Dibawah ini kami merangkum cara mengendarai mobil matic yang benar terutama bagi anda yang masih belajar mengendarai, mari simak ulasan dibawah ini:

Mengetahui posisi persneling dan kodenya

Cara mengendarai mobil matic yang benar yang pertama adalah mengetahui posisi persneling dan kodenya, dalam hal ini mobil matic hanya mempunyai beberapa kode yaitu
  • P (Parking) dimana mobil dalam kondisi parkir.
  • R (Reverse) dimana mobil dalam kondisi mundur.
  • N (Neutral) dimana mobil dalam kondisi tanpa gigi.
  • D (Drive) dimana mobil dalam kondisi maju.
Dan kode persneling 1, 2,3 dimana kondisi jalan yang menanjak atau menurun maka digunakan kode persneling ini untuk berjalan.

Memulai dari P atau N

Cara mengendarai mobil matic yang benar yang kedua adalah dimulai dari P atau N ( parking atau Neutral) hal ini berguna agar ketika mobil dinyalakan tidak langsung terkejut, agar menghindari celaka.

Hanya menggunakan kaki kanan

Cara mengendarai mobil matic yang benar yang ketiga adalah hanya menggunakan kaki kanan, mobil matic tidak menggunakan kaki kiri dalam pengoperasiannya, hal ini karena tidak ada lagi kopling yang dipakai. Lebih nyaman dan ergonomis.

Demikian artikel yang kami dapat ulas mengenai cara mengendarai mobil matic yang benar, semoga dapat menjadi gambaran anda untuk mengendarai mobil matic, terimakasih.