Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan SPBU Merah, Biru dan SPBU Hijau

 
Sering kita temui di pinggir jalan ragam warna SPBU. Mulai dari SPBU warna Merah, SPBU warna Biru dan SPBU Warna hijau. Apa sebenarnya perbedaan ketiga SPBU tersebut? Apakah ada aturan khusus?

Pengguna kendaraan bermotor yang mengisi bahan bakar minyak atau BMM tentu terbiasa melihat plang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Pertamina. Yakni ada warna merah, kemudian biru dan yang terbaru adalah hijau.

Kita mungkin secara umum sudah terbiasa mengisi BBM di SPBU warna merah dengan tulisan Pasti Pas. dan Sebagian besar pula mengisi di SPBU warna biru dengan tulisan Pasti Prima. Lalu bagaimana dengan SPBU warna Hijau? Mari kita ulas

Perbedaan SPBU merah, Biru dan Hijau

1. SPBU Warna Merah

SPBU warna Merah dikenalkan pada 2006 dikenal dengan semboyan Pasti Pas dan memiliki totem atau papan warna merah. Demikian juga bagian bangunannya mendominasi berwarna merah, termasuk petugas pengisian mengenakan seragam warna merah.

Bahan bakar minyak yang dijual di SPBU Pertamina warna merah juga cukup lengkap, mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, dan Pertamina Dex. Jumlah SPBU ini juga cukup banyak sehingga mudah dijumpai.

Pada SBPU warna merah fasilitas yang disediakan selain pengisian BBM biasanya dilengkapi dengan toilet, musala, pengisian angin, dan minimarket untuk pengunjung.

2. SPBU warna Biru

Pada 2015 PT Pertamin meluncurkan SPBU warna biru dengan tambahan tulisan Pasti Prima. Memiliki petugas pengisian yang mengenakan seragam warna merah dengan kombinasi abu-abu.

Kemudian ciri utama yang tampak secara fisik adalah bangunan SPBU warna biru yang tentu memiliki papan berwarna biru dan bangunan didominasi warna biru. Jumlahnya belum sebanyak SPBU warna merah.

Pada SPBU Pertamina warna biru fasilitas untuk konsumen cukup lengkap. Selain fasilitas yang ada di SPBU warna merah, terdapat tambahan seperti kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, penjualan pelumas dan LPG, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

3. SPBU Warna Hijau

SPBU warna hijau ini mengusung konsep ramah lingkungan yang disebut dengan Green Energy Station. Jadi jelas perbedaannya dengan SPBU warna merah dan SPBU warna biru.

Perbedaan yang menyolok di SPBU Pertamina warna hijau adalah tidak menjual premium dan solar. Namun di SPBU warna hijau menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Dikutip dari Pertaminaretail.com, Gridoto.com dan Otomania.com, selain kedua warna tersebut ternyata yang terbaru, PT Pertamina meluncurkan SPBU warna hijau biasa disebut Green Energy Station (GES). Lantas apa perbedaan warna dari SPBU tersebut.